30 October 2008

..plis..hargai sedikit lah

TIPS untuk bisa jadi pembimbing atau pengajar yang baik...

1. jangan pernah merasa diri kita lebih segalanya

2.jangan pernah merasa orang yang kita bimbing/ajar itu ga bisa apa2(baca:bodoh)

3.plis, hargain setiap pendapat yang tercetus  dari yang kita bimbing/ajar itu,karena itu bisa membuat ia menjadi aktif dan antusias terhadap kita, jangan langsung disalahin karena itu bisa bikin trauma, dan menghambat potensi yang ia miliki, jadi ga PD an gitu deh. berilah kesempatan orang itu untuk belajar

4.be a good friend, tampilkan pesona akrabmu, sehingga kamu akan mudah merangkul hatinya, dan secara otomatis otaknya pun akan terkoneksi dengan otak kita, jadi dia cepet ngerti dan menyenangi apa yang kita ajarkan. dengan perlakuan seperti itu, ia itu akan lebih respect terhadap kita.

5.keep sharing, metode penyampaian yang tidak kaku, sehingga terbentuk komunikasi 2 arah

6.keep your head down. jangan merasa lebih wah atau merasa udah berjasa banget buat orang itu, karena justru kita harus posisikan orang dihadapan kita itu sebagai media latih otak,merefresh ingatan kita dan menambah kamus ilmu, siapa tau kan orang itu kreatif membuat pertanyaan2 yang menuntut kita mencari ilmu lebih.

7. dan yang paling penting, kalau orang itu melakukan kesalahan jangan dimarahin atau dimaki, tapi dibimbing... dikasih tau secara baik-baik, bukan menjatuhkan. belajar itu proses,ingat.

*sejujurnya ini aku buat tips karena pengalaman buruk tentang seorang pembimbing. 

No comments: